Kamis, 24 September 2009

Quantum learning untuk meningkatkan kemampuan menulis

Sesuai dengan tujuan nya, penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui sebuah tindakan/strategi pembelajaran. Jadi pada penelitian ini pada akhirnya akan di ketahui bahwa tindakan yang diberikan akan bisa atau tidak bisa meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun langkah-langkah tiap siklus adalah sebagai baerikut:

Siklus 1
Perencanaan Tindakan
Pelaksanaan Tindakan
a) Langkah 1.
Memperbaiki komunikasi guru yang dilakukan di dalam kelas
Contoh komunikasi guru sebelum tindakan sebelum tindakan:
“Saudara-saudara, jangan mengobrol lagi dan jangan melakukan hal lain. Kalian harus ingat, banyak yang tidak lulus pada bagian berikut, karena bahan nya memang sulit. Untuk mendapatkan nilai 50 saja kalian harus bersusah payah. Maka kalau kalian ingin mendapatkan nilai lebih dari 50 maka kalian harus belajar lebih giat lagi!!!
Kata-kata yang tercetak tebal akan menimbulkan asosiasi Negatif pada siswa, maka perlu perbaikan atau mengganti dengan perkataan yang diharapkan bisa menimbulkan asosiasi positif bagi siswa seperti contoh di bawah ini.
Selamat pagi saudara-saudara. Silahkan duduk dan pusatkan perhatian kalian pada modul yang kalian pegang. Kita memasuki kurikulum yang paling menantang. Bapak tau kalian mampu memahai nya dengan baik, terutama kalau kalian mau aktif bertanya dan berpartisipasi. Dan sekarang “mari kita simak baik-baik supaya kalian bisa memahaminya!”

 kurikulum yang paling menantang : Memunculkan Kesan
 Silahkan duduk dan pusatkan perhatian kalian pada modul yang kalian pegang, mari kita simak baik-baik : Mengarahkan Fokus
 kalian mampu memahai nya dengan baik : Memberikan Sugesti
 “mari kita simak baik-baik supaya kalian bisa memahaminya!”: inklusif (bersifat Mengajak)
b) Langkah 2
Dimulai dengan sebuah pertanyaan:
Buat apa kita belajar bahasa Indonesia?
Apa manfaat nya bagi anda?
Coba sekali waktu kita lupakan ujian nasional dalam hal ini!
Alami
Guru menceritakan kisah inspiratif. Dalam hal ini guru menceritakan sebuah kisah pribadi -++
Namai
Guru mencoba memberikan sugesti, bahwa semua orang mempunyai kemampuan serta bakat untuk menjadi seorang penulis yang cemerlang di bidang nya. Tetapi semua itu tergantung dari seberapa tekun dia berlatih, serta seberapa keras dia berusaha.
Demonstrasikan
Pada tahap ini guru memberikan materi serta teknik menulis karangan narasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Pancamarga Bhakti Baturetno

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Pancamarga Bhakti Baturetno

karnaval.17.08.09

karnaval.17.08.09