Kamis, 24 September 2009

Quantum learning & quantum teaching

Fakta yang terjadi akhir-akhir ini banyak keluhan para siswa tentang pembelajaran, diantaranya siswa menganggap bahwa pembelajaran kurang memberikan kebebasan berpikir, banyak hapalan, mata pelajaran banyak mengejar kurikulum, mengajarkan pengetahuan bukan keterampilan dan banyak mengajarkan logika tanpa melibatkan emosi.
Menghadapi keluhan ini, perlu dicari metode pembelajaran yang lebih memberi kebebasan. Salah satu metode belajar yang menjadikan siswa berinteraksi dalam pembelajaran adalah quantum lerarning. Quantum learning menciptakan lingkungan belajar yang efektif dengan cara menggunakan unsur-unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi-interaksi yang terjadi di dalam kelas.
Quantum learning merupakan interaksi dari sejumlah interaksi-interaksi yang ada di dalam dan di sekitar moment belajar (De Porter, 2003:5) Interaksi-interaksi ini meliputi elemen-elemen bagi keefektifan belajar yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Interaksi-interaksi ini mentransformasikan bakat alamiah dan kemampuan siswa ke dalam radiasi yang bermanfaat bagi siswa itu sendiri dan orang lain. Perintah resmi yang paling penting dalam pengajaran quantum learning terentang pada kemampuan guru untuk menutup perbedaan di antara dunia kita (guru) dan dunia mereka (siswa). Ketika guru sungguh-sungguh memasuki dunia mereka, berarti guru telah menjalin hubungan pertemanan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar .
Quantum learning berarti suatu orkestrasi dari berbagai macam interaksi-interaksi yang membangun landasan dan kerangka untuk belajar yang dapat mengubah kemampuan dan bakat siswa menjadi cahaya yang bermanfaat bagi siswa maupun bagi orang lain. Menyingkirkan hambatan-hambatan yang menghalangi proses belajar alamiah dengan menggunakan musik, mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan pengajaran yang sesuai, cara penyajian yang efektif, dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar (Quantum Teaching, De Poter, 2000).
Di samping itu, quantum learning juga memudahkan segala hal untuk menyingkirkan hambatan belajar dan mengembalikan proses belajar ke keadaannya yang mudah dan alami (Depdiknas, 2003:17).
Perpaduan seni dalam proses belajar-mengajar sangat diperlukan agar mencapai suasana belajar yang menyenangkan tersebut. Hal ini sangat sesuai dengan pengertian quantum teaching yang merupakan metode pengajaran yang menawarkan cara-cara baru untuk memudahkan proses belajar lewat paduan seni dan pencapaian hasil belajar yang terarah (Quantum Learning, De Porter, 2003:5). Kerangka perancangan Quantum Learning adalah sebagai berikut:
 Tumbuhkan : Sertakan diri mereka, pikat mereka, puaskan AMBAK (Apa Manfaat nya Bagiku?)
 Alami : Berikan mereka pengalaman belajar, tumbuhkan “kebutuhan untuk mengetahui”
 Namai : Berikan data tepat saat minat memuncak.
 Demonstrasikan : Berikan kesempatan bagi mereka untuk mengaitkan pengalaman dengan data baru, sehingga mereka menghayati serta membuatnya sebagai pengalaman pribadi.
 Ulangi : Rekatkan gambaran keseluruhan nya.
 Rayakan : Jika layak di pelajari, maka layak pula dirayakan. Perayaan menambatkan belajar dengan asosiasi positif.

Dalam quantum learning, guru lebih memperhatikan keinginan siswa. Hal ini dimaksudkan agar terjadi interaksi yang baik antara guru dengan siswa, sehingga timbul suatu sugesti positif dalam diri siswa yang akan berpengaruh terhadap rasa penghargaan dalam dirinya. Penghargaan yang diberikan guru mengakibatkan timbul kepercayaan diri yang tinggi dalam diri siswa sehingga semakin giat belajar. Ini berarti bahwa sugesti sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Komunikasi ampuh dapat dilakukan dengan mudah dan disengaja, dan hal-hal yang perlu din gat ketika mengajar atau memberikan umpan balik hendak nya perlu mengingat empat prinsip di bawah ini
 Munculkan kesan
 Arahkan Fokus
 Inklusif (besifat Mengajak)
 Spesifik (bersifat tepat sasaran)
Dari uraian di atas dapat disimpulkan metode quantum learning adalah metode pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menyingkirkan hambatan-hambatan yang menghalangi proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Pancamarga Bhakti Baturetno

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Pancamarga Bhakti Baturetno

karnaval.17.08.09

karnaval.17.08.09